Thursday, May 28, 2015

Cara membersihkan lensa kamera dengan benar



Cara membersihkan lensa kamera
Cara membersihkan lensa kamera







Cara membersihkan lensa kamera.

Bagi para penggiat photografi,baik yang pemyla maupun yang sudah mahir pasti pernah mengalami terjadinay jamur pada lensa kamera DSLR nya,dan pada tulisan kali kita akan membahas mengenai cara membersihkan lensa kamera dengan benar dan simple.
Sebenarnya mencegah terjadi nya penjamuran pada lensa kamera merupaka tindakan yang tepat dibandingkan proses pembersihan lensa kamera yang telah jamuran.
Cara pembersihan lensa kamera dengan cara ekstrim akan mengkis lapisan elemen atau coating yang berfungsi sebagai penyaring cahaya yang masuk,akibatnya semakin lama akan semakin mengurangi kualitas lensa.

cara membersihkan lensa kamera


Baiklah kita mulai bahas mengenai proses pembersihannya,namun sebelumnya kita akan membagi kriteria jamur yang biasa terdapat pada lensa kamera menjadi dua bagian:




1. Jamur dalam katagori ringan
Biasanya  pada bagian optik luar luar lensa tempat tumbuhnya jamur ini tepatnnya pada bagian depan maupun belakang.
Pembersihan dapat dilakukan tanpa harus membongkar elemen lensa.Jamur yang terdapat pada bagian ini sifatnya masih baru,jadi masih bersifat bakal jamur,berupa bintik bintikdan  belum menjadi jamur yang lebar.
Kita bisa mebersihka jamur dengan katagori ringan menggunakan cairan pembersih yang banyak  dijual di toko kamera.Gosok pelan pelan menggunkaan kain halus dan lembut,untuk menghindari baret pada optik lensa lakukan pengosokan dengan perlahan dan jangan ditekan terlalu keras,bersihkan lensa sampai benar benar bersih dan jamur menghilang.Gunakan tisu lensa untuk mengangkat sisa debu,minyak dan lembab sisa goersan tangan,dan proses ini  adalah finishing menghilangkan jamur ringan.




2. Jamur dalam katagori berat
Jamur katagori berat merupakan bakal jamur yang sudah menyatu,dan melebar sampai menutupi seluruh permukaan optik lensa.
Bibit jamur ini berumur tahunan karena jarangnya proses pembersihan yang dilakukan.
biasanya jamur juga tumbuh pada optik lensa bagian dalam sehingga perlu pembongkaran pada elemen lensa,dan proses ini mebutuhkan pemahaman tehnik bongkar pasang lensa.
Pada beberapa kasus lensa terlihat seperti berkabut,hal ini terjadi karena jamur telah tumbuh selama bertahun tahun. 
Pada tahapan ini proses pembersihan harus dilakukan dengan cara membongkar elemen lensa dan pastinya dibutuhkan skill tehnik bongkar pasanng lensa,anda dapat mencari tutorial atau manual book lensa diinternet.
Lensa yang berkabut dapat disebabkan oleh memuainya lem yang digunakan untuk  menyatukan elemen elemen optik lensa,nah untuk menangangani masalah tersebut kita harus melepaskan elemen elemen optik lensa,salah satu cara yang ekstrim adalah dengan dengan merebusnya samapai pada suhu tertentu. 
Jika elemen lensa telah terpisah kita dapat memebersihkan dengan cara berikut :


1. Dengan menggunakan sinar ultraviolet (UV)
Cahaya ultraviolet dapat mencegah terjadinya penjamuran,untuk berapa lama penyinarananya belum dikethaui secara pasti.Cara nya cukup mudah yaitu dengan melteakan lensa yang berjamur ditempat kering dan biarkan terpapar sianr matahari,dan pasang caps/penutup bagian belakang lensa.Beberapa forum luar negeri mengatakan dengan cara tersebut diatas yang dilakukan secara kontinyu selama beberapa bulan dapat mengurangi jamur pada lensa.

2.Dengan alkohol.
Gunakan alkohol dengan kadar 70% atau lebih,caranya oleskan alkohol pada optik lensa yang berjamur dengan cooton bud,lakukan dengan rutis samapai lensa bersih dari jamur.

3. Dengan campuran bahan kimia.
Bahan yang digunakan adalah :

Amonia
Amonia


1.Amonia
Amonia dapat dibeli ditoko kimia biasanya dijual dengan ukruan diatas 10 liter

Hidrogen Peroksida
Hidrogen Peroksida




2. Hidrogen Peroksida.
Bahan ini juga dijual di toko kimia,Hidrogen peroksida dengan kadar tinggi atau murni sangat baik,harganya perliter kisaran 30.000-50.000 utuk kadar 70%.

3. Air mineral.
Gunakan air mineral yang biasa beredar dipasaran..

Caranya adalah:
Hidrogen peroksida dan amonia dicampur dengan takaran perbandingan 50-50,baut racikan ini secukupnya saja artinya cukup untuk sekali proses pembersihan,bila ingin memebersihkan lensa kembali baru buat racikan tersebut.
Oleskan hasil racikan pada lensa menggunakan cotton bud,setelah dioleskan biarjkan beberpa saat sampai jamur terlepass.Ulangi hal itu sampai jamur benar benar hilang,dan gunakan air mineral untuk membilas optik lensa.

Note:
1.Amonia dan hidrogen peroksida merupakan bahan keras dan berbau menyengat. sebisa mungkin jangan sampai terkena kulit  atau mata karena dapat menyebabkan kulit terbakar. Gunakan  sarung tangan karet,kacamata safety dan masker sebagai pengaman.
2. Proses pembersihan meggunakan bahan kimia tergolong cara yang ekstrim,resiko pasti ada dan segala akibato yang muncul ditanggung sendiri oleh anda.  
3. Jika anda belum memiliki kemampuan yang cukup,  silahkan bawa lensa kamera yang jamuran ke tempat-tempat servis resmi yang anda kenal.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat..

No comments:

Post a Comment