Monday, April 26, 2010

Serba serbie kehidupan


KAKEK DI POJOK JALAN NARIPAN

Pernahkah kita renungkan hal seperti ini?Atau acuh tak acuh karena kerasnya hatiini?
Sore itu saya melintas di jalan Naripan Bandung, sudah beberapa hari Bandung sering diguyur hujan, tapi sore itu cuaca lebih cerah………mata saya menangkap sosok kakek yang saat itu sedang duduk tertidur, dan dipinggirnya ada satu buah kantong plastik, mungkin punya beliau ...gak kebayang, kalau lagi hujan, kakek itu berteduh dimana ya???? ....

Apakah kakek itu tidak punya rumah sehingga harus tertidur di jalan? Apakah ia punya keluarga?
Seharusnya orang setua beliau sudah berada di rumah, berisitirahat, menikmati masa tua, dikelilingi kehangatan cinta dan kasih sayang dari anak dan cucunya, di umur yang sudah sepuh, seharusnya para kakek dan nenek sudah tidak mikirin apa-apa lagi………. di masa usia lanjut itu seharusnya mereka tinggal menyibukkan diri untuk meningkatkan ibadah……..tapi itulah realita yang ada disekelilling kita, mungkin masih banyak kakek dan nenek lain yang nasibnya seperti itu…..

Apa yang terbesit di fikiran anda ketika anda melihat kakek atau nenek yang hidup di jalanan? ……….kalau saya, ketika melihat sosok kakek atau nenek, jadi suka ingat sama Abah dan Emak, almarhum kakek dan nenek saya tercinta……. semoga Abah dan Emak ada dalam pelukan cinta Mu dan ada di dalam JannahMu yang Maha Indah……….
Dan ketika melihat kondisi sosial yang seperti ini, saya sangat menyesal karena saya tak mampu berbuat banyak, saya hanya mampu memandangi mereka, saya hanya mampu berdo’a, semoga mereka yang diuji dengan kondisi seperti itu senantiasa diberi kekuatan, ketabahan, semoga mereka senantiasa diberi hati yang lapang, senantiasa berbahagia dengan kondisi yang mereka rasakan…..hal lain yang mungkin bisa kita lakukan adalah senantiasa menginfakkan sebagian dari harta kita untuk mereka yang membutuhkan.
Semoga kekek itu memang dalam ujian Alloh SWT,dan bukan merupakan azab dari Illahi karena dia menyinyiakan masa mudanya.Bagi kita yang masih memiliki orang tua yang masih hidup segera bahagiakanlah mereka selama kita masih punya kesempatan.
Carilah dunia seakan2 engkau hidup selamanya,dan carilah akhirat seakan2 engkau mati besok....

sumber:http://kebunilmu.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment