Monday, May 25, 2015

Penyakit wasir dan penanggulangannya

http://serba-serbie.blogspot.com/2015/05/penyakit-wasir-dan-penaggulangannya.html
Wasir
Pola hidup tidak sehat dapat memicu munculnya wasir pada organ anus,beberapa penderita wasir dapat dipastikan akan merasakan ketidaknyamanan pada saat dia duduk.
Wasir cenderung menjadi gatal dan meradang terutama jika jaringan bengkak menumpuk di bagian luar anus.Sebuah wasir internal semakin lama akan semakin menonjol dari dalam rektum.Jika wasir tidak ditangani dengan baik maka cenderung menyebabkan lebih banyak komplikasi setelah wasir itu muncul keluar anus.
Dan jika wasir sudah muncul diluar dan terjadi kontak berlebihan  dapat memperburuk gejala terkait dengan kondisi tersebut. Akibatnya, jika daerah sekitar wasir digosok atau dibersihkan berlebihan, wasir bisa tiba-tiba mulai berdarah atau menjadi gatal yang sangat tak tertahankan.
 Selain itu, mendorong tinja dengan kuat selama buang air besar akan menyebabkan rasa sakit selama buang air besar,ada beberpa kasus bahkan rasa sakit itu akan terus terasa setelah selesai buang air besar.
Wasir biasanya dapat menghilang sendiri,tapi walau bagaimanapun jika tidak segera ditangani dapat membuat kondisi tersebut menjadi semakin parah
Jika Anda ingin menyingkirkan wasir secara permanen,berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan:

1.Perhatikan Asupan Gizi Terutama serat


http://serba-serbie.blogspot.com/2015/05/penyakit-wasir-dan-penaggulangannya.html



Mari kita mulai dengan gizi Anda karena ini biasanya faktor yang paling penting  terutama  untuk pencegahan timbulnya penyakit iniir. Banyak orang kekurangan serat dalam diet mereka,bahkan ada beberpa orang yang mengabaikan asupan serat pada makanannya. Serat hanya dapat diperoleh secara alami dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur.Jadi perbanyaklah menkonsumsi sayuran hijau dan buah buahan.Para ahli menganjurkan asupan serat perhari sebanyak 18 gram,namun jika anda mampu mengkonsumsi 25 gram serat per hari itu cukup untuk mencegah pertumbuhan wasir.Serat dapat melembutkan tinja sehingga anda tidak perlu lagi mengejan dengan kuat.bagi anda yang gemar mengkonsumsi salad sayur atau lalapan maka hal ini bukan lan sesuatu yang sulit.

2.Perbanyak Minum Air Putih

http://serba-serbie.blogspot.com/2015/05/penyakit-wasir-dan-penaggulangannya.html


Banyak minum air putih, minimal 2 liter air / hari,hindari minuman bersoada,meskipun soda mengandung banyak air, itu tidak baik untuk kesehatan Anda dan saluran pencernaan Anda. Buang air besar bahkan dapat dibuat lebih sulit jika anda mengkonsumsi soda dalam jangka waktu yang lama.

3.Olah Raga/Jogging

http://serba-serbie.blogspot.com/2015/05/penyakit-wasir-dan-penaggulangannya.html



Latihan memperkuat otot disekitar anus secara teratur.Berjalan kaki selama tiga puluh menit perhari sangat baik bagi ppenderita wasir yang ingin cepat terbebas dari penyakit ini. Berolahraga meningkatkan sistem peredaran darah serta otot pada umumnya. Berolahraga secara teratur adalah obat wasir alami yang sangat efektif dan dapat mencegah kondisi ini berulang di masa depan.

4.Sering sering ke toilet
http://serba-serbie.blogspot.com/2015/05/penyakit-wasir-dan-penaggulangannya.html


Kunjungi kamar mandi sesering yang Anda bisa untuk menghindari mengejan saat mendepak tinja. Biarkan tubuh Anda untuk menyingkirkan perlahan-lahan dan secara alami. Mengejan atau meremas perut secara berlebihan saat mengeluarkan tinja sangat tidak dianjurkan. Otot tegang dapat melukai wasir dan memperburuk situasi.

Bagi penderita wasir tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment